RESENSI BUKU Budidaya Rumput Laut

RESENSI BUKU
Judul         : Budidaya Rumput Laut
Penulis      : Naryo Sahori S.
Penerbit    : Balai Pustaka
Cetakan    : Ketiga, 1992
Tebal        : 110 halaman



Buku ini disajikan pengetahuan dasar tentang teknik budidaya rumput laut, pengolahan, dan penanganan pasca panen. Disamping itu juga, disinggung beberapa aspek yang menunjang permasalahan budidaya rumput laut tersebut.
Manusia berkewajiban memanfaatkan kekayaan alam raya untuk kemakmuran dan kesejahteraannya. Salah satu kekayaan alam tersebut adalah rumput laut.
Daerah-daerah penghasil rumput laut di Indonesia hampir meliputi sepanjang pantai kepulauan Nusantara ini diantaranya adalah perairan  pantai barat pulau Sumatra, kepulauan Riau, Bangka, Belitung, Pantai Selatan Jawa, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, dll.
Masyarakat yang tinggal di daerah atau pulau-pulau dimana usaha pertanian di darat tidak menguntungkan karena kondisi alam serta tanahnya yang gersang, atau tidak subur, akan tetapi perairan disekitar pantainya memungkinkan untuk kegiatan budidaya rumput laut.
Lokasi yang cocok untuk penanaman rumput laut memiliki syarat sebagai berikut :
a.       Bukan merupakan alur pelayaran
b.      Tidak terdapat banyak predator
c.       Bukan merupakan daerah penangkapan ikan yang baik
Kita sudah mengetahui, bahwa rumput laut sangat baik untuk kesehatan manusia, karena mengandung protein dan abu yang sebagian besar terdiri dari Natrium dan Kalium, dan 80-90% air. Rumput laut juga bisa dibuat agar-agar.
Produksi rumput laut di Indonesia pada dekade akhir-akhir ini semakin menurun mutu nya, sehingga dinilai rendahnya harganya bila dibandingkan dengan hasil negara-negara lain di Asia.

Bahkan dengan berhasilnya Philipina dalam usaha budidaya rumput laut, keadaan  produksi rumput laut di Indonesia semakin terdesak pemasarannya. Hal ini disebabkan oleh kalah bersaing dalam hal mutu dan kesinambungan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan.
Walaupun produksi rumput laut di Indonesia semakin menurun, setidaknya masih bisa membudidayakan. Semoga generasi mendatang membudidayakan rumput laut dengan sungguh-sungguh, dan pemasarannya makin meningkat.




Oleh : Hazliza Ratman

Comments

  1. kak rangkum juga dong buku rumput laut, rumput rahapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf dek blum bisa rangkum lagi,, lgi sibuk kuliah.,hee

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

RESENSI BUKU Beternak Puyuh

BIOGRAFI DAN SEJARAH PERJUANGAN CUT NYAK DIEN