RESENSI BUKU Cara dan upaya budidaya Terung

RESENSI
Judul              : Cara dan upaya budidaya Terung
Penulis           : Eriyandi Budiman
Penerbit         : CV. Wahana Iptek Bandung
Cetaka:          : 2008
Tebal             : 124 Halaman

Buah terung sangat dikenal dimasyarakat karena terung mempunyai konsumsi utama yang cukup baik, buahnya yang masih muda dapat digunakan sebagai bahan untuk terapi (pengobatan) bagi berbagai penyakit, sebagai bahan makanan langsung atau lalaban, terung memang cukup enak dimakan. Rasanya agak manis dan cukup lunak. Namun jika dimasak sebagai sayur olahan bersama sayuran dan bumbu lainnya, buah terung akan terasa lebih enak. Tanaman terung mempunyai banyak khasiat utamanya yaitu bisa untuk berbagai pengobatan ataupun sebagai pelengkap sayuran. Terung mempunyai berbagai macam kulit yang berbeda-beda. Diantaranya berwarna hijau tua, ungu tua, kuning, putih, hijau, keputih-putihan putih keungu-unguan, dll. Terung memiliki bentuk yang berbeda yaitu ada yang berbentuk bulat lebar.
Selain mempunyai berbagai khasiat, terung juga memiliki beberapa hambatan saat membuat budidaya terung kurang berkembang, yaitu : benihnya masih banyak diimpor dari luar negeri yang daya kecambahnya kurang dan harganya mahal, masih ada beberapa varietas yang kurang tahan panas, semua varietas banyak diserang hama busuk buah. Namun, para petani tetap membudidayakan tanaman terung di pedesaannya.
Diberbagai pasaran, terutama di pasar tradisional, hanya terdapat sedikit jenis terung yang ada. Ini disebabkan karena para petani hanya mengenal sedikit saja macam-macam terung yang mereka tanam. Selain itu, tanaman terung juga masih belum dibudidayakan secara baik. Untuk itu, diperlukan ilmu pengetahuan yang memadai, apabila ingin mengetahui lebih dalam tentang tanaman terung bersama cara-cara membudidayakannya.
Dengan adanya buku cara dan upaya membudidayakan terung ini, kita bisa mengetahui tentang menanam terung dan sebagainya. Buku yang dijual dan tidak begitu mahal membuat kita ingin memilikinya. Sebagai pengisi bahan bacaan, buku ini berupaya mengetengahkan berbagai hal mengenai terung. Metode pembuatan buku meliputi studi perpustakaan, wawancara ke namasumber hingga pengalaman pribadi.



Oleh : Siti Khunaeni

Comments

Popular posts from this blog

RESENSI BUKU Beternak Puyuh

BIOGRAFI DAN SEJARAH PERJUANGAN CUT NYAK DIEN

RESENSI BUKU Budidaya Rumput Laut